MOHON MAAF WEBSITE INI MASIH DALAM TAHAP PENGEMBANGAN *** TERUS BACA HARIAN MEDIA RIAU LUGAS DAN TERPERCAYA SEJAK 1999 *** MOHON MAAF WEBSITE INI MASIH DALAM TAHAP PENGEMBANGAN *** MOHON MAAF WEBSITE INI MASIH DALAM TAHAP PENGEMBANGAN *** MOHON MAAF WEBSITE INI MASIH DALAM TAHAP PENGEMBANGAN *** MOHON MAAF WEBSITE INI MASIH DALAM TAHAP PENGEMBANGAN *** MOHON MAAF WEBSITE INI MASIH DALAM TAHAP PENGEMBANGAN *** MOHON MAAF WEBSITE INI MASIH DALAM TAHAP PENGEMBANGAN *** MOHON MAAF WEBSITE INI MASIH DALAM TAHAP PENGEMBANGAN *** MOHON MAAF WEBSITE INI MASIH DALAM TAHAP PENGEMBANGAN ***

Bupati Meranti Ajak Masyarakat Kelola Laut


Panen Ikan Keramba Percontohan di Sialang Pasung

 
(sumber : http://www.merantikab.go.id/berita-hukum/295-bupati-ajak-masyarakat-kelola-laut.html)
 
SELATPANJANG – Beternak ikan merupakan salah satu mata pencaharian yang mampu mendatangkan pendapatan ekonomi sangat luar bisa. Oleh karena itu, Masyarakat Kepulauan Meranti mesti kembali ke laut dan mengelola laut, sehingga laut dapat memberikan penghidupan yang layak bagi masyarakat.
Himbauan itu disampaikan Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi, dalam sambutannya saat acara Panen Raya proyek percontohan keramba ikan hasil kerjasama Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Meranti dengan KUB Konsib di Desa Sialang Pasung Kecamatan Rangsang Barat, Selasa (26/6) pagi.
Menurut Bupati, proyek percontohan keramba ikan tersebut sudah mampu menunjukkan hasil yang sangat menggembirakan. Untuk itu, Pemerintah Daerah mengajak para nelayan tangkap di laut untuk beralih menjadi nelayan budidaya di perairan laut daerah ini.
“Kita punya sumber daya laut yang besar, namun hasil tangkapan ikan di laut terus menurun. Menghadapi kondisi tersebut, kita mesti beralih kepada sistem budidaya dengan mengelola potensi laut. Pemerintah Daerah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan akan sangat mendukung keinginan masyarakat terhadap program budidaya ikan itu,” ungkap Bupati memotivasi masyarakat nelayan di daerah ini.
Dikatakannya, pada Tahun 2012 ini Pemerintah kembali memprogramkan pengadaan 39 unit jaring apung. 14 buah diantaranya berasal dari APBD Kabupaten Kepulauan Meranti dan 25 unit jaring apung dibantu dari APBN Pemerintah Pusat. Ini merupakan peluang melalui program yang konkrit dan nyata dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat.
“Kedepan ini mesti kita tingkatkan lagi, saya akan mendukung penuh usulan program bagi peningkatan program budidaya ikan. Dinas Kelautan dan Perikanan saya minta untuk lebih respon terhadap setiap usulan masyarakat nelayan dalam rangka meningkatkan budidaya ikan dan melestarikan potensi kelautan,” ucap Bupati.
Bila mampu dikelola dengan baik, kata Bupati, dari setiap jaring apung bisa diperoleh kalkulasi pendapatan ekonomi masyarakat yang cukup menjanjikan. Dengan jenis ikan unggulan, pada satu kantong atau lubang jaring apung bisa diperoleh hasil panen bernilai Rp 250 juta, sehingga pada setiap unit jaring apung yang memiliki empat lubang keramba bisa diperoleh pendapatan hingga Rp 1 Miliar.
“Jangan hanya sampai pada program budidaya ini saja, Kita juga harus mengembangkan potensi pakan ternak, program produktif pembibitan dan pola pemasarannya. Mari kita lakukan sesegera mungkin, karena Kepulauan Meranti punya potensi yang besar menjadi sentra produksi Ikan di Provinsi Riau. Prinsip kita, Ikan sepat ikan gabus dan ikan lele, Lebih cepat lebih bagus dan tidak bertele-tele,” tegas Bupati Irwan.
Pantauan wartawan dilapangan, jenis ikan yang dipanen para program percontohan itu antara lain Ikan Bawal Bintang dan Ikan Kakap Putih yang berada pada 5 unit keramba jaring apung atau sebanyak 20 kantong keramba, dengan rencana panen sebanyak 1 Ton. Sementara jenis Ikan Kurau yang juga dibudidayakan, akan dipanen kemudian.
Hadir mendampingi Bupati pada acara itu, Kadis Perikanan dan Kelautan, Ir H Ramli Mohammad Ali, Kadis Perindagkop UKM, Syamsuar Ramli SE, Kabag Humas, H Yulizar M SSos MSi, Camat Rangsang Barat, Joko Surianto Selamat SH, Kades Sialang Pasung, Manaf Yunus dan Kepala Desa lainnya.(HUMAS/RYN/SAN)
Share this Article on :

1 komentar:

PAK JUNAIDI mengatakan...

SAYA SANGAT BERSYUKUR ATAS REJEKI YANG DIBERIKAN KEPADA SAYA DAN INI TIDAK PERNAH TERBAYANKAN OLEH SAYA KALAU SAYA BISA SEPERTI INI,INI SEMUA BERKAT BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA YANG TELAH MEMBANTU SAYA MELALUI NOMOR TOGEL DAN DANA GHAIB,KINI SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTANG-HUTANG SAYA BAHKAN SAYA JUGA SUDAH BISA MEMBANGUN HOTEL BERBINTANG DI DAERAH SOLO DAN INI SEMUA ATAS BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA,SAYA TIDAK AKAN PERNAH MELUPAKA JASA BELIAU DAN BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU OLEH RAWA GUMPALA MASALAH NOMOR ATAU DANA GHAIB SILAHKAN HUBUNGI SAJA BELIAU DI 085 316 106 111 SEKALI LAGI TERIMAKASIH YAA MBAH DAN PERLU ANDA KETAHUI KALAU MBAH RAWA GUMPALA HANYA MEMBANTU ORANG YANG BENAR-BANAR SERIUS,SAYA ATAS NAMA PAK JUNAIDI DARI SOLO DAN INI BENAR-BENAR KISAH NYATA DARI SAYA.BAGI YANG PUNYA RUM TERIMAKASIH ATAS TUMPANGANNYA.. BUKA DANA GHAIB MBAH RAWA GUNPALA

Posting Komentar

 

© Copyright media riau online 2012 -2013 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.